Pengertian
IPS
IPS
sebagai mata pelajaran dalam kurikulum sekolah (SD, SMP, SMA)
IPS
sebagai academic discipline/area of study di PT
IPS
sebagai Academic Discipline
IPS
adalah area of inquiry pada jenjang PT yang melakukan kajian terhadap fenomena
pendidikan yang berkenaan dengan aktivitas siswa, guru, bahan belajar, proses
belajar, evaluasi, sumber belajar, lingkungan, serta pemikiran-pemikiran
kependidikan yang berkenaan dengan PIPS di jenjang persekolahan.
TIGA
TRADISI SOCIAL STUDIES
- Social
Studies as Citizenship Transmission
- Social
Studies as Social Sciences
- Social
Studies as Reflective Inquiry
IPS
sebagai Pendidikan Disiplin Ilmu
PENDIDIKAN
DISIPLIN ILMU, yaitu suatu batang tubuh disiplin (baru) yang menyeleksi konsep,
generalisasi dan teori dari struktur disiplin-disiplin ilmu (universitas) dn
disiplin Ilmu Pendidikan yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan
psikologis untuk tujuan pendidikan.
PENDIDIKAN
DISIPLIN ILMU SOSIAL, yaitu seleksi dari struktur disiplin akademik IIS yang
diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan
tujuan nasional yang berdasarkan Pancasila sesuai dengan UU Sisdiknas.
LIMA
TRADISI SOCIAL STUDIES
- Social
Studies as Citizenship Transmission
- Social
Studies as Social Science Education
- Social
Studies as Reflective Thinking
- Social
Studies as Social Criticism
- Social
Studies as Personal Development of the Individual
Pengertian
Pendidikan IPS di Sekolah
Suatu
penyederhanaan disiplin IIS, psikologi, filsafat, ideologi negara dan agama
yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan
pendidikan.
Penekanan
pada: (1) tumbuhnya nilai-nilai kewarganegaraan, moral ideologi negara dan
agama; (2) isi dan metode berpikir ilmuwan sosial; (3) reflective inquiry; (4)
mengambil kebaikan dari 1, 2, 3. (Nu’man Somantri, 2001)
Karakteristik
PIPS
Pendidikan disiplin ilmu:
Terpadu
(integrated)
Interdisipliner
Multidimensional
Cross-disipliner
Synthetic
discipline
Kajian
sistematik
Scientific
boundary line
Tujuan
IPS Sekolah
Mempersiapkan
para peserta didik sebagai warga negara yang menguasai pengetahuan (knowledge),
keterampilan (skills), sikap dan nilai (attitudes and values) yang dapat
digunakan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah pribadi atau masalah
sosial serta kemampuan mengambil keputusan
dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan agar menjadi
warga negara yang baik.
Lima Kriteria Kemampuan yang harus
Dikembangkan
• Kemelek-wacanaan
masalah sosial (social literacy)
• Kemampuan
komunikasi sosial (social communication skills)
• Pemecahan
masalah sosial (social problem solving)
• Berpikir
kritis (critical thinking)
• Keterpaduan
(integration)
Kompetensi
Guru
Kompetensi yang harus dimiliki
Kemampuan
tentang visi seorang guru sebagai pendidik IPS.
Kompetensi
berkenaan dengan apa yang akan dididikkan/diajarkan.
Kompetensi
tentang pengembangan proses pembelajaran.
Kompetensi
tentang masalah belajar dan kepribadian peserta didik.
Kompetensi
tentang penilaian pembelajaran dan hasil belajar.
Kompetensi
sebagai Ilmuwan
Kompetensi
tentang keilmuan IPS sebagai Area of Inquiry.
Kompetensi
tentang materi kajian IPS sebagai program pendidikan di jenjang sekolah.
Kompetensi
tentang pengembangan keilmuan IPS sebagai Academic Discipline.
Kompetensi
tentang komunikasi dan forum ilmiah (tertulis, lisan)
Kompetensi
berkenaan dengan pengembangan program IPS untuk jenjang sekolah.
Kompetensi
mengenai penilaian program IPS di jenjang sekolah.
Sosok
Utuh SKGK-SD/MI Lulusan S1 PGSD/MI
Mengenal peserta didik secara mendalam:
Karakteristik,
latar belakang/kebhinekaan budaya, gaya belajar, kesulitan belajar, potensi.Menguasai
bidang studi:
Substansi
dan metodologi 5 bidang studi (BI, Mat, IPA, IPS, PKn) Materi ajar 5 mata
pelajaran dalam Kur. SD/MI (BI, Mat, IPA, IPS, PKn)
Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik:
Menguasai
prinsip dasar pembelajaran yang mendidik.
Mengembangkan
kurikulum 5 mata pelajaran SD/MI.
Merancang
pembelajaran yang mendidik.
Melaksanakan
pembelajaran yang mendidik.
Menilai
proses dan hasil belajar.
Mengembangkan
kemampuan profesional secara berkelanjutan:
Menampilkan
diri sebagai pendidik profesional.
Menilai
kinerja sendiri.
Meningkatkan
kualitas pembelajaran.
Berkomunikasi
secara efektif.
Berkonstribusi
dalam pengembangan pendidikan di tingkat kelas, institusi, regional, nasional.
Memanfaatkan
teknologi informasi untuk pembelajaran dan perluasan wawasan.
Menggunakan
bahasa Inggris untuk memperluas wawasan.
Substansi
materi IPS yang harus dikembangkan Menurut Bar dan Shermis:
Social
studies taught as citizenship transmission; IPS sebagai
Pendidikan Kewarganegaraan à
terdapat pewarisan budaya.
Social
studies taught as social science; IPS sebagai
pengajaran IIS à
tujuan kewarganegaraan dapat dicapai dengan keputusan yang diambil berdasarkan
pada penguasaan konsep, proses dan masalah-masalah sosial.
Social
studies taught as reflective inquiry; IPS sebagai
penyelidikan reflektif à
tujuan warga negara yang baik dapat dicapai melalui proses inkuiri dimana
pengetahuan berasal dari apa yang perlu diketahui oleh warga negara untuk
membuat keputusan dan memecahkan masalah.
Tujuan
mata pelajaran IPS
Membina
pengetahuan siswa tentang pengalaman manusia dalam kehidupan bermasyarakat pada
masa lalu, sekarang dan akan datang,
Menolong
siswa untuk mengembangkan keterampilan (skill) di masa yang akan datang,
Menolong
siswa untuk mengembangkan nilai/sikap (value) demokrasi dalam kehidupan
bermasyarakat, dan
Menyediakan
kesempatan kepada siswa untuk mengambil bagian/berperan serta dalam kehidupan
sosial (Chapin, J.R.R.G, 1992:5)
Visi
dan Misi pendidikan IPS
Visi
: Membentuk dan mengembangkan pribadi
“warga negara yang baik” (good citizen)
Misi
:
ü
Menumbuhkan
kesadaran bahwa dirinya merupakan makhluk ciptaan-Nya
ü
Mendidik
siswa menjadi warga negara yang baik
ü
Menekankan
pada kehidupan manusia yang demokratis
ü
Meningkatkan
partisipasi aktif, efektif dan kritis sebagai warga negara
ü
Membina
siswa tidak hanya mengembangkan pengetahuan, tetapi sikap dan keterampilan agar
dapat mengambil bagian secara aktif
dalam kehidupan kelak sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar