Selasa, 14 Januari 2014

Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC)




(Slavin,104:1995) menyebutkan walaupun model-model pembelajaran  kooperatif telah diteliti dan digunakan dalam berbagai mata pela­jaran, membaca dan menulis jelas tidak tersentuh oleh penelitian ini.  Cooperative learning membantu peserta didik mengembangkan kemampuannya. Bagian ini menggambarkan dasar pemikiran, pengembangan, dan evaluasi dari Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
            Walaupun model-model pembelajaran koopratif telah diteliti dan digunakan dalam berbagai mata pelajaran, dua dari mata pelajaran dalam kurikulum sekolah dasar-membaca dan menulis jelas tidak tersentuh oleh penelitian ini. Bagian ini menggambarakan dasar pemikiran, pengembangan, dan evaluasi dari CIRC. Sebuah program yang komprehensif untuk mengajari pelajaran membaca, menulis, dan seni berbahsa para kelas yang lebih tinggi di sekolah dasar. 
            Jadi, CIRC merupakan suatu program komprehensif untuk pengajaran membaca dan menulis pada kelas-kelas tinggi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (Maden, Stevens, & Slavin, 1986). Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition-CIRC (Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis) merupakan model pembelajaran khusus Mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam rangka membaca dan menemukan ide pokok, pokok pikiran  atau, tema sebuah wacana/kliping. Model pembelajaran ini menekankan pembelajaran membaca, menulis dan tata bahasa. Dalam pembelajaran ini, para siswa saling menilai kemampuan membaca, menulis dan tata bahasa, baik secara tertulis maupun lisan di dalam kelompoknya
Langkah-langkah kooperatif terpadu membaca dan menulis (STEVEN & SLAVIN, 1995):
1)      Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen
2)      Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3)      Peserta didik bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada selembar kertas
4)      Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5)      Guru membuat kesimpulan bersama
6)       Penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar